TANTANGAN KEPERAWATAN
Tantangan
pendidikan keperawatan :
Ø Dimasa depan pendidikan keperawatan dihadapkan pada
suatu tantangan dalam meningkatkan kwalitas kelulusannya dituntut menguasai
kompetensi profesional.
Missal : bertambahnya umur harapan hidup sebagai isu
sentral dalam kurikulum harus menyentuh aspek askep georontik, home care,
penyakit kronis dan aids dan tidak kalah pentingnya bahasa inggris menjadi
kompetensi wajib.
Tantangan
perubahan IPTEK
Ø Riset keperawatan akan menjadi suatau kebutuhan dasar
yang harus dilaksanakan oleh perawat di era global
Ø Untuk mengantisipasi perubahan di atas maka perlu
adanya:
1.
Penataan
pendidikan tinggi keperawatan
2.
Penataan
pelayanan kesehatan / asuhan keperawatan
3.
Penataan
lingkungan yang kondusif untuk perkembangan keperawatan dalam antisipasi
perkembangan iptek
4.
Pembinaan
kehidupan keprofesian
MENURUT AZRUL
AZWAR 1999 MASALAH PERAWAT DI INDONESIA DALAM SISTEM PELAYANAN KESEHATAN
1.
Peran perawat
profesional yang tidak optimal
2.
Terlambatnya
pengakuan body of knowledge profesi keperawatan
3.
Terlambatnya
perkembangan pendidikan keperawatan profesional
4.
Terlambatnya
perkembangan sistem pelayanan/askep profesional
FAKTOR LAIN YANG
MENGHAMBAT MENURUT (NUR SALAM, 1998)
1. Antithetical terhadap perkembangan ilmu keperawatan
2. Rendahnya rasa percaya diri/harga diri seorang
perawat
3. Kurang pemahaman dan sikap untuk melaksanakan riset
keperawatan
4. Pendidikan keperawatan hanya difokuskan pada
pelayanan kesehatan yang sempit
5. Rendahnya standar gaji bagi perawat
6. Sangat minimnya perawat yang menduduki pimpinan di
institusi kesehatan
LANGKAH STRATEGI
DALAM MENGHADAPI TREND ISUE PERUBAHAN KEPERAWATAN DI MASA DEPAN
Ø Alternatif strategi perawat Indonesia dalam
menghadapi askep di masa mendatang adalah the nurse should do no harm to your
self’ (nightingale). Artinya semua tindakan keperawatan harus harus dapat
memenuhi kebutuhan pasien tanpa adanya resiko yang ditimbulkan.
Ø Oleh karena itu strategi yang harus ditempuh
meliputi :
1.
Peningkatan
pendidikan bagi perawat
2.
Pengembangan
ilmu keperawatan
3.
Pelaksanaan
riset yang berorientasi pada masalah di klinik/komunitas
4.
Identifikasi
peran manager perawat professional di masa depan
5.
Menerapkan model
dan metode praktik keperawatan professional terbaru (MPKP)
PENINGKATAN
PENDIDIKAN BAGI PERAWAT “PRACTISIONER”
-
Langkah awal
yang perlu ditempuh oleh perawat professional adalah pengembangan pendidikan
tinggi keperawatan dan memberikan kesempatan bagi perawat
-
Sehingga
diharapkan akhir tahun 2002 perawat yang ada di rumah sakit minimal lulusan D3
Keperawatan
PENDIDIKAN TINGGI
KEPERAWATAN DI INDONESIA
-
Jalur dari
lulusan sekolah perawat kesehatan
-
DIPLOMA III
Keperawatan
-
DIPLOMA IV
-
S1 Keperawatan
-
Specialist
-
S2 megister
-
Dokter kepala
No comments:
Post a Comment