Tuesday, 4 October 2011

Sejarah


Dalam agama hindu ada 5 keyakinan "PANCASRADHA"
1. Widi Tattwa, artinya percaya kepada tuhan yang maha esa dan segala aspeknya
2, Atma Tattwa, Artinya percaya dengan adanya jiwa dalam setiap makhluk
3. Karmaphala Tattwa, Artinya percaya dengan adanya hukum sebab akibat dalam setiap perbuatan
4. Punarbhawa Tattwa, Artinya percaya dengan adanya proses kelahiran kembali (reinkarnasi)
5. Moksa Tattwa, Artinya percaya bahwa kebahagiaan tertinggi merupakan tujuan akhir manusia

Penyebaran Hindu-budha di Indonesia
1. Teori Brahmana (Van Leur)
yang datang ke Indonesia adalah kaum Brahmana yang memang ahli dalam Hinduisme. Mereka datang atas undangan para penguasa Indonesia untuk melakukan upacara khusus menjadikan seseorang menjadi pemeluk agama hindu yang disebut Vratyastoma.
2. Teori Ksatria (Majumdar)
berkaitan dengan kegiatan para ksatria yang melakukan penaklukan dan mendirikan koloni asia tenggara sambil menyebarkan Hinduisme.
3. Teori Waisya (N.J. Krom)
pembawa dan penyebar Hinduisme ke Indonesia adalah para pedagang. Disamping berdagang, mereka juga berinteraksi dengan masyarakat setempat, bahkan di antara mereka yang melakukan perkawinan dengan penduduk setempat.
4. Teori Arus Balik (George Coedes dan F.D.K Bosch)
adanya peranan aktif bangsa indonesia, dalam proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia.


#_kerajaan Kutai_#
*letak : di sungai mahakam, kutai kalimantan timur (4 masehi)
*sumber sejarah : prasasti yupa 7 tiang batu digunakan untuk mengikat hewan kurban yang merupakan persembahan rakyat kutai kepada para dewa yang dipercaya.
*Kehidupan politik : kudungga, asmawarman, mulawarman (puncak)
pada masa asmawarman pengaruh hindu baru muncul trbukti dgn adanya prasasti yg menyatakan bahwa asmawarman adalah wangsasakerta (pembentuk kerajaan)
*adat : upacara asmawedha yaitu bertujuan untuk mengetahui luas kekuasaan dengan cara pelepasan kuda.

#_kerajaan Tarumanegara_#
*Lokasi : tepi sungai cisadane (sekarang Bogor) Jawa barat
kehidupan politik : raja purnawarman
*sumber sejarah: ciaruteun>berisi tentang raja yang di negeri taruma yg gagah berani (bekas telapak kaki purnawarman), P.Tugu>penggalian sungai gomati hingga 11km,kebon kopi, jambu, pasir awi, munjul
berita cina : seorang pendeta budha fahien yg pernah singgah di taruma negara,, informasi yg menyebutkan adanya kerajaan to-lo-mo

#_kerajaan Pajajaran_#
*Letak : Jawa Barat
*sumber sejarah : prasasti rakyan juru pangambat & prasasti citasih, Pasthanagedhe.
*kehidupan politik : Maharaja Jayabupati, Rahyang niskala wastu kencana, rahyang dewa niskala, sribaduga maharaja (puncak), hyang wuni sora, Ratu samian, prabu surawisesa, prabu ratu dewata

#_Kerajaan Holing/Kaling_#
*Letak : Jawa tengah
*sumber sejarah : berita cina dari dinasti T'ang yang menyebutkan adanya kerajaan Holing yg berlokasi di Cho-po, berita I-tsing (pendeta budha) bahwa temannya Hui-ning dan pembantunya Yurki pergi ke Holing u/ mempelajari agama budha dan menerjemahkan kitab suci
*kehidupan politik : Ratu Sima trkenal dengan raja yang tegas, jujur dan bijaksana.

#_Mataram Kuno_#

*Letak : lembah sungai progo, Jawa Tengah
*Sumber Sejarah :
P.canggal>menerangkan asal-usul sanjaya dan pembangunan lingga,
P Balitung (kedu/mantyasih)>dikeluarkan oleh raja balitung berisi tentang pemberian hadiah kepada lima orang patihnya yang berjasa besar kpd kerajaan.
P kelurak>raja indra membuat bangunan suci dan arca manjursi.huruf pranargi bhs sansekerta.
P karang tengah> raja samaratungga mendirikan bangunan suci di wenuwana. dan membebaskan pajak tanah disekitar bangunan suci u/ pemeliharaan kamulan di bhumi sambara
Kitab carita parahyanga>tentang hal ikhwa dri sanjaya
* kehidupan politik :
menjalin kerjasama dengan sriwijaya demi mempertahankan wilayah. pada pemerintahan samaratungga berusaha menyatukan kembali wangsa Syailendra dan wangsa sanjaya dengan menikahkan anak mereka yaitu pramodyawardani (syailendra) & rakai pikatan (sanjaya)
berkembang karena ; raja*nya arif dan bijaksana,, kerja sama yang baik dgn para brahmana,,,, wilayahnya subur, mempunyai toleransiyang tinggi antara pmeluk agama budha dan hindu,, menjalin kerjasama yang baik antara kerajaan tetangga.

#_kerajaan mataram (medang kamulan)_#
*Lokasi : terletak di muara sungai brantas ibukotanya watan mas
*sumber sejarah : berita cina mengatakn bahwa kerajaan sriwijaya menjalin hubungan persahabatan dgn kerajaan Cola untuk membendung dan menghalangi kemajuan medang
Prasasti dari mpu sindok> raja mpu sindok memerintah bersama permaisurinya sri wardhani ou kbin
P mpu sindok menyatakan bahwaraja mpu sindok memerintah membangun sebuah candhi sbg tempat pemakaman ayahnya.
P mpu sindok> memerintah pembuatan candi yg bernama jayamrata.
P calcuta > menguraikan sil-silah airlangga. peristiwa penyerangan wora-wari, pelarian airlangga ke hutan wonogiri,pendirian pertapaan di pucangan, airlangga berperang melawan raja wengker
*kehidupan politik : mpu Sindok, Dharmawangsa< airlangga #_kerajaan Sriwijaya_# *Letak :di tepi sungai musi, sumatra selatan *sumber sejarah : P. kedudukan Bukit> perjalanan suci dapunta hyang dadg diikuti pasukannya sambil menguasai daerah* yang dlaluinya
P..talang tuo>pembuatan taman sriketseraatas perintah raja dapunta hyang
P.telaga Batu>menyebut kutukan* yg berbuat jahad dan tidak taat kpd sriwijaya.
P kota kapur (karang berahi)>permintaan kepada dewa agar menjaga kesatuan sriwijaya dan menghukum orang yang akan berbuat jahad pada sriwijaya.
P. Palas pasemah sama dengan kota kapu dan karang berahi
luar negeri : p.ligor >menyebutkan tentang ibukota Ligordgn tujuan mengawasi pelayaran dan perdagangan selat malaka. P. nalanda raja balaputra dewa sbgai raja terakhir
*Kehiduan politik : Dapunta hyang, balaputradewa (puncak), sanggrama wijayatunggawarman


#_Kerajaan Kediri_#
*Letak : di Jawa timur
Jenggala beribukota di kahuripan
Panjalu dengan ibukota di Daha
*sumber sejarah :
*Kehiduan politik :Raja Jayawarsa, Rakai Sirikan Sri Gandara, raja Sirikan Sri bameswara,Jayabaya(puncak),rja sri kameswara, raja Sri gandara, raja kertajaya


#_Singasari_#
*Letak : Malang, Jawa timur.
*sumber sejarah : ditemukannya candi kidal, candi jagodan candi singasari yang digunakan sbg makam raja singasari.
*Kehiduan politik : ken arok, anusapati, toh jaya, ronggowuni,kertanegara(puncak)


#_kerajaan bali_#
*Letak : Bali
*sumber sejarah :berita dari kerajaan bali dari bangunan candi gunung kawi tampak siring spti makam yang di bangun pada masa pemerintahan anak wungsu, di temukan candi calcuta, dan sanur.
*Kehiduan politik : Sri kesari wamadewa (raja pertama dan pendiri) raja ugrasena, raja tabanendra warmada, raja singha warmadewa, raja jayasadu warmadewa, sri maharaja sri wijaya mahadewi,dharma udayana warmadewa, raja marakata, raja anak wungsu, raja jaya sakti,dan raja bedaluhu.


#_Majapahit_#
*Letak : Jawa timur
*sumber sejarah : P. Butak > berisi peristiwa* keruntuhan kerajaan singasari dan perjuangan raden wijaya untuk mendirikan kerajaan.
P Kudadu > kisah pertempuran raden wijaya melawan pasukan kediri.
kidung harsa wijaya> menceritakan raden wijaya ketika menghadapi musuh dari kediri
ketab pararaton> menceritakan tentang pemerintahan raja singasari dan majapahit
*Kehiduan politik : Raden Wijaya, Sri Jayanegara, Tribhuwanatunggadewi, Hayam Wuruk(puncak),wikramawardhana

________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Perkembangan Islam Di Indonesia

faktor* penyebab islam mudah di terima di Indonesia
1. syarat masuk islam sangat mudah ( dengan mengucapkan 2 kalimat syahadat)
2. islam merupakan agama demokratis
3. ajaran islam mudah dipelajari dan dipahami
4. islam disebarkan dengan cara damai
5. islam mengatur seluruh kehidupan manusia menuju kebahagiaan
6. runtuhnya kerajaan majapahit

pendapat tentang islam mulai masuk
Pendapat pertama : hamka Zaenal Arifin abbas (abad ke 7)
> antara abad ke 7 dan 8 para pedagang islam telah memegang peranan penting di selat malaka
> berdasarkan berita cina tahun 674, telah di jumpai islam di jawa.
> berita cina tentang adanya kerajaan Taa Chi di melayu yg menjalin hubungan diplomatik dengan cina.
> pada abad ke-7M hubungan perdagangan antara cina-india-asia barat
> para pedagang arab yang telah melakukan kegiatan perdagangan dengan penduduk kerajaan sriwijaya.

pendapat ke 2 : islam masuk ke indonesia pada abad ke-11, pendapat ini didasarkan adanya batu nisan Fatimah Binti maemun yang disebut juga batu Leran dekat Gersik.
pendapat ke 3 : abad ke 13 di kemukakan oleh (snouck Hurgronje dan R Soekmono)
> catatan marcopolo yang mengatakan bahwa islam telah berkembang di sumatra utara
> adanya nisan sultan malik Al Saleh

peranan Walisanga :
a. Bidang Agama : sebagai juru dakwah, guru dan pemimpin kegiatan agama
b. Bidang Politik : sebagai penasihat raja, panglima perang, bahkan ada yang menjadi raja.
c. bidang sosial budaya : mengubah kehidupan sosbud pra islam menjadi tata masyarakat


#_Samudra Pasai_#
*Letak : lhokseumawe, Aceh (abad ke 13)
samudra pasai berasal dari nama 2 kota yaitu samudra dan pasai
*Kehiduan politik :Merah Silu (Sultan Malik Al saleh), malik at tahir
kemunduran samudra pasai :
a. kerajaan majapahit yang ingin berambisi menyatukan nusantara.
b.berdirinya bandar malaka yang strategis
c.meninggalnya Sultan Malik al Shaleh dan tidak ada lagi penggantinya.

#_kerajaan Aceh_#
*Letak : Aceh, Sumatra Utara
*Kehiduan politik : Sultan Ali Mughayat Syah,Sultan Salahuddin, Sultan Alauddin Riayat syah Al kahar, Sultan Iskandar Muda(Puncak), Sultan Iskandar thani
* faktor menyebabkan kerajaan aceh mencapai puncak : Letaknya yang strategis, sebagai jalur lalu lintas perdagangan, merupakan pusat perkembangan agama islam, pesaing aceh berkurang akibat malaka jatuh ke tangn portugis
* faktor yang menyebabkan runtuhnya kerajaan aceh :setelah sultan iskandar muda wafat tidak ada yang mampu mengendalikan roda pemerintahan aceh, timbulnya peperangan aceh dengan belanda. banyak kekuasaan aceh yang melepaskan diri menjadi kerajaan sendiri.

#_Kerajaan Demak_#
*Letak : Demak Jawa Tengah.
*Kehiduan politik :Raden Patah. Adipati Unus, Sultan trenggono (mencapai puncak).
* runtuhnya kerajaan demak : disebabkan perebutan tahta kerajaan antara sunan prawoto dengan sunan arya panangsang. hingga sunan prawoto terbunuh oleh arya panangsang. usahanya ingin menjadi sulatan di halangi oleh jaka tingkir (menantu sultan trenggono) di dukung oleh Ke Gede pamanahan dan Ki Penjawi. Dlm pertempuran Arya panangsang mati terbunuh. dan Jaka tingkir menjadi sultan demak yang dinobatkan menjadi sultan Giri dengan gelar Sultan Hadiwijaya. dan memindahkan ke pajang.

#_Kerajaan Pajang_#
*Letak : Pajang
*Kehiduan politik :Sultan Hadiwijaya, pangeran benowo : yang terjadi pemberontakan antara anak sunan prawoto "arya pangiri" berkat bantuan sriwijaya dan kiageng pamanahan. pemberontakan arya pangiri dapat di padamkan . lalu pangeran benowo menyerahkan tahta kepada sutawijaya. dan dipindahkan ke mataram

#_Mataram Islam_#
*Letak : di daerah jawa bagian selatan pusatnya di kotagede yogyakarta
*Kehiduan politik : Suta wijaya bergelar ing alogo sayidin panatagama,, artinya ; sebagai kepala bala tentara dan pengatur agama. Mas Jolang, Sultan Agung Hanyokrokusumo (puncak), Amangkurat 1, Amangkurat 2 terjadi perjanjian Giyanti yaitu kesultanan di bagi menjadi 2 yaitu ;kesultanan yogyakarta sbgai rajanya dengan gelar sultan hamengkubuwono 1,, daerah kesultanan surakarta di perintah oleh Susuhan pakubuwono 3.
raden mas said mengadakan perjanjian dengan belanda "perjanjian salatiga" yang berisi raden mas said menerima suatu daerah dalam kegiatan dalam kerajaan surakarta sbg daerah kadipaten dan memperoleh gelar pangeran adipati mangukubunegoro.

#_kerajaan Banten_#
*Letak : di ujung barat pulau jawa
*Kehiduan politik : sultan hasanuddin, Panembahan yusuf, maulana Muhammad, abu mufakir, Sultan ageng tirtayasa

#_Cirebon_#
*Letak : cirebon
*Kehiduan politik : falatehan,
pecah menjadi kasepuhan dan kanoman

#_Makasar_#
*Letak : Makassar
*Kehiduan politik : kerajaan goa dan tallo lalu di satukan oleh raja Goa yaitu ""Daeng Manrabia"" sedangkan tallo "" Karaeng Matoaya"" menjadi perdana mentri dengan gelar sutan abdullah. mencapai puncak pada masa pemerintahan Sultan Hasanuddin yang wilayahnya mencapai Bone dan Sohor. Sultan Hasnudin terkenal dengan sikapnya yang anti VOC. Dengan tegas ia menyatakan bahwa makassar tidak mengakui monopoli perdagangan VOC. hal ini memancing kemarahan belanda dan ketika raja bone meminta bantuan untuk menyerang hasanuddin karena wilayahnya di masukkan ke makassar, belanda menyambutnya. kemudian makassar mendapat serangan gabungan belanda yang sangat berat. akhirnya menandatangani ""perjanjian bongaya" lalu makassar menyerah kepada belanda.

#_Ternate dan tidore_#
*Letak : Pulau halmahera maluku utara.
*Kehiduan politik : kerajaan ternate sbagai Uli lima (persekutuan 5 bersaudara) wilayah mencakup ternate,Obi,Bacan,Seram,dan Ambon.. Kerajaan Tidore sbg Uli siwa (persatuan 9 bersaudara) wilayahnya : pulau makayan, jailolo atau halmahera sampai dengan papua. antara ternate dan tidore terjadi permusuhan portugi memihak ternate, sedangkan spanyol memihak tidore. dan di lakukannya "Perjanjian Saragosa" yg isinya bahwa bangsa spanyol harus meninggalkan maluku dan pindah ke filipina. sedangkan portugis tetap menguasai daerah* maluku.
>> raja-raja ternate : sultan Marhum, Zainal abidin, Sultan Baabullah,dan sahid berkat.
portugis menyerah dan diusir dari ternate. belanda datang dan disambut baik oleh rakyat indonesia. namun belanda ternyata melaksanakan aturan* monopoli yg lbih berat dari portugis.
di tidore sultan jamaludin naik tahta. hutang sebesar 50.000 ringgit pada belanda, sultan jamaludin di paksa menyerahkan pulau seram bgian timur kpd belanda. namun di tentang oleh kacil badrus dan kacil nuku. pimpinan perlawanan rakyat tidore di gantikan kaicil nuku yang dinobatkansbg sultan tidore. sultan nuku berhasil mengadu domba belanda dan inggris hingga belanda dapat di usir dari maluku dan tidore dan ternate bersatu.

================================================================================================
BAB 3



A. Bangsa Portugis

>> Bartholomeus diaz sampai di ujung afrika tahun 1496
>> 1498 dipimpin oleh Vasco da Gama berhasil mendarat di calcuta india.
>> 1511 dibawah pimpinan Alfonso d'albuquerque mendarat di ternate (maluku).
terjadi pertikaian antara bangsa portugis dan spanyol yang diakhiri oleh perjanjian Saragosa (Zaragoza)
yang berisi :
1. Spanyol harus meninggalkan maluku dan melakukan perdagangan di Filipina
2. Portugis tetap melakukan perdagangan di kepulauan maluku

kekuasaan portugis dari tahun 1511-1641. selain mengadakan monopoli perdagangan portugis juga menyebarkan agama katolik tokohnya yaitu : "Fransiscus Xaverius"


B. Bangsa Spanyol

1520 rombongan Ferdinand de Magelhaens tiba di kepulauan Filipina dgan mendirikan tugu peringatan dan menyatakan bahwa daerah itu sebagai daerah milik raja Spanyol.
1521 Ferdinand de Magelhaens tiba di Indonesia (Maluku).
sejak tahun 1534 spanyol tersisih dari persaingan rempah-rempah di indonesia.


C. Bangsa Belanda

Pertamakali belanda mendarat di Indonesia di pimpin oleh Cornelis de Houtman dan Pieter Keyzer pada tahun 1596 di pelabuhan banten
Keduakali datang di banten dipimpin oleh Jacob van Neck dan Warwijik.
dengan tujuan untuk berdagang rempah-rempah.

1. Mendirikan VOC (Vereenidge Oost Indische Compagnie 20 Maret 1602)

atas prakarsa Pangeran MEurit dan Johan Van Olden pada tanggal 20 Maret 1602 terbentuk VOC dengan tujuan menghindari persaingan diantara pedagang belanda, sehingga mendapatkan keuntungan yang maksimal.
dalam menjalankan misina belanda memberi hak-hak istimewa yaitu "Hak Oktroi" yang berisi :
>> Hak memonopoli perdagangan rempah-rempah
>> Hak untuk memelihara angkatan perang
>> Hak untuk memerintah wilayah yang diduduki
>> Hak mencetak uang
>> Hak melakukan perjanjian dengan raja-raja di Indonesia

pada tahun 1605 VOC berhasil merampas benteng Portugis di Ambondan berhasil mendirikan Loji di Banten.
Gubernur pertama VOC adalah Pieter Both kemudian digantikan oleh Jan Pieterzoon Both (J.P Coen) dengan pusat kekuasaan di belanda.
#Tindakan VOC dalam melakukan monopoli#
(a) Monopoli perdagangan yang sangat merugikan rakyat
(b) Ekstirpasi yaitu menebang tanaman rempah-rempah milik penduduk supaya produksi rempah-rempah tidak berlebihan.
(c) Hongi Tochten (pelayaran Hongi) yaitu pelayaran menyusuri pantai yang dilengkapi dengan angkatan perang untuk mengawasi para pedagang maluku
(d) Verplichte leverantie yaitu rakyat wajib menyerahkan pajak berupa hasil bumi di daerah yang tidak dikuasai VOC
(e) preanger stelsel, yaitu kewajiban bagi rakyat untuk menanam koo di daerah priangan. Hasil kopi nantinya dibeli dengan harga yang sudah ditentukan.
(f) contingenten yaitu hasil rakyat di wajibkan membayar pajak berupa hasil bumi.

VOC di bubarkan pada tanggal 31 Desember 1799
dapun sebab-sebabnya ;
(a) Keuangan VOC banyak mengalami defisit sehingga memiliki banyak hutang
(b) Terjadinya persaingan dagang yang hebat dari bangsa inggris dan perancis
(c) Pegawai-pegawai VOC banyak yang korupsi
(d) Timbulnya perlawanan bangsa Indonesia di berbagai daerah
(e) Penduduk jawa sudah terlalu miskin untuk membeli barang yang disediakan VOC
(f) Banyak biaya yang dikeluarkan, seperti untuk biaya perang dan gaji para pegawainya.


2. Perkembangan Pemerintah pada masa kolonial


a. Pemerintahan Herman Williem Daendels (1808-1811)

tugas utama daendels adalah mempertahankan jawa dari ancaman inggris. Ia juga bertugas mengatur pemerintahan di Indonesia.
untuk melaksanakan tugas tersebut Daendels mengambil langkah-langkah :
(1) Merekrut orang Indonesia sebagai tentara
(2) Membangun benteng-benteng
(3) Membangun pabrik senjata di semarang dan surabaya
(4) Membangun pangkalan udara di anyer dan ujung kulon
(5) Membangun jalan raya dari anyer sampai panarukan yang panjangnya mencapai 1.100 km
selain itu daendels juga memperbaiki keadaan pulau jawa antara lain dengan tindakan :
(1) Membagi pulau jawa dalam 9perfect (daerah)
(2) Menjadikan para bupati di seluruh pulau jawa sebagai pegawai pemerintahan Belanda
(3) Memperbaiki gaji pegawai, memberantas Korupsi dan memberikan hukuman bagi pegawai yang melakukan kesalahan
(4) Mendirikan badan-badan peradilan untuk mengadili orang-orang indonesia sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Untuk membiayai program-programnya Daendels menempuh jalan sbg brt:
(1) Menerapkan kerja paksa Rodi yang memberi manfaat bagi Belanda
(2) Menerapkan aturan penyerahan sebagian hasil bumi sebagai pajak (Contingenten) dan aturan penjualan paksa hasil bumi kepada pemerintah dengan harga yang sudah ditetapkan (verplichte leverantie)
(3) Menjual tanah-tanah kepada orang-orang partikelir atau swasta
(4) Memperluas area penanaman kopi
hal yang menyebabkan berakhirnya pemerintahan Daendels
(1) Kekejaman dan kesewenang-wenangan Daendels terhadap rakyat
(2) Sikap otoriter terhadap raja-raja Banten, Yogyakarta dan Cirebon sehingga menimbulkan perlawanan
(3) Penyelewengan penjualan tanah kepada pihak swasta dan manipulasi penjualan istana bogor
(4) Keburukan dari sistem administrasi pemerintahan


b. Pemerintahan Janssens (1811)

Janssens adalah seorang yang lemah dan kurang cakap.
pada tahun 1811 inggris melancarkan serbuan ke Jawa dan berhasil mamaksa Janssens menyerah dan menandatangani Perjanjian Kapitulasi Tuntang
yang berisikan :
(1) Seluruh Pulau jawa dan sekitarnya diserahkan kepada Inggris
(2) Semua tentara Belanda menjadi tawanan Inggris
(3) Semua Pegawai Belanda yang mau bekerja sama dengan Inggris dapat memegang jabatan terus
(4) Semua hutanh pemerintah Belanda yang dahulu bukan menjadi tanggung jawab Inggris


c. Pemerintahan Transisi Inggris Thomas Stamford Raffles (1811-1816)

Raffles mengadakan perubahan di segala bidang
(1) Bidang pemerintahan
___a). Membagi Pulau jawa menjadi 16 Karesidenan
___b). Mengganti Sistem pemerintahan kolonial menjadi sistem pemerintahan feodal
___c). Menjadikan para bupati sebagai pegawai pemerintahan dengan gaji setiap bulan
(2) Bidang ekonomi
___a). Petani diberikan kebebasan menanam tanaman ekspor
___b). Penghapusan pajak hasil bumi (contingenten) dan meggantinya dengan sistem sewa tanah
___c). Mengadakan monopoli Garam dan Minuman Keras
sistem sewa tanah yang di terapkan Raffles mengalami kegagalan karena ;
a. besar kecilnya pajak bagi setiap pemilik tanah sulit ditebak
b. Jumlah pegawai Raffles sangat terbatas
c. Masyarakat pedesaan belum mengenal uang
namun pada kenyataannya sistem sewa tanah mendatangkan akibat-akibat sbg brt :
a. Unsur paksaan diganti dengan kebebasan
b. Sistem ekonomi barang mulai bergeser ke ekonomi uang
c. Ikatan adat istiadat makin longgar karena terpengaruh oleh pola kehidupan barat.
(3) Bidang Hukum
Membentuk badan-badan penegak hukum seperti court of justice, court of request, dan police of magistrate
(4) Bidang Sosial
___a). Pengahpusan kerja Rodi
___b). Penghapusan Perbudakan
___c). Peniadan pynbank, yaitu hukuman yang sangat kejam melawan harimau
(5) Bidang Ilmu Pengetahuan
___a). Ditulisnya buku "History of java"
___b). Mendukung Bataviaach Genootschap, sebuah perkumpulan kebudayaan dan sebuah perkumpulan kebudayaan dan ilmu pengetahuan.
___c). Ditemukannya bunga Rafflesia Arnoldi


d. Kebijakan Pemerintah Kolonial Belanda

langkah van der capellen :
(1) Sistem residen tetap dipertahankan
(2) Dalam bidang hukum sistem juri dihapuskan
(3) Kedudukan para bupati sebagai penguasa feodal tetap dipertahankan
(4) Desa sebagai satu kesatuan unit tetap dipertahankan dan para penguasanyadimanfaatkan untuk pelaksanaan pemungutan pajak dan hasil bumi
(5) Dalam bidang ekonomi memberikan kesempatan kepada para penguasa asing untuk menanam modal di indonesia

kebijakan penting yang di ambil :

1. Sistem tanam paksa

sebab dilaksanakannya :
(a) Pemerintah belanda dililit hutang luar negeri sehingga perlu biaya besar untuk membayarnya
(b) Pemerintah Belanda banyaj mengeluarkan biaya untuk pernag melawan Pangeran Diponegoro, Perang Padri, dan Perang di berbagai daerah
(c) Pemasukan uang dari penanaman kopi tidak banyak
(d) Terjadinya perang kemerdekaan Belgia yang di akhiri dengan pemisahn Belgia dari belanda pada tahun 1830
aturan-aturan tanam paksa :
(a) Setiap petani diwajibkan menyerahkan 1/5 dari tanahnya untuk ditanami tanaman yang hasilnya laku di pasar Eropa
(b) Tanah yang diserahkan kepada pemerintah tidak dikenai pajak
(c) Jika hasil tanaman yang diserahkan kepada pemerintah melebihi pajak, maka kelebihan tersebut akan dikembalikan kepada petani
(d) waktu yang diperlukan untuk mengerjakan tanah tidak boleh melebihi waktu untuk menanam padi
(e) penduduk yang tidak memiliki tanah wajib bekerja di perkebunan pemerintah Belanda selama 65 hari
(f) Kerusakan tanaman karena bencana alam di tanggung oleh pemerintah
(g) Pelaksanaan tanam paksa diserahkan kepada para pemimpin pribumi dan pegawai Eropa bertindak sebagai pengawas.
Terjadi penyimpangan* dalam pelaksanaan Tanam paksa yaitu ;
(a) Tanah yang diserahkan petani lebih dari 1/5
(b) Tanah petani yang diserahkan untuk tanam paksa ternyata tidak bebas pajak
(c) Kerusakan tanaman tetap di tanggung oleh petani
(d) Penduduk yang tidak memiliki tanah dipekerjakan di perkebunan Belanda selama 3-6 bulan bahkan lebih
(e) Tanah yang dipilih hanya tanah yang subur, sedangkan rakyat mendapat tanah* yang tidak subur
(f) waktu yang diperlukan untuk menggarap tanah melebihi waktu untuk menanam padi
(g) Kelebihan hasil tidak dikembalikan kepada petani
dampak yang ditimbulkan dari tanam paksa
(-) Dampak Negatif
>> Beban pajak yang berat
>> Kemiskinan serta penderitaan fisik dan mental
>> pertanian padi banyak megalamo kegagalan panen
>> kelaparan dan kematian terjadi di banyak tempat akibat kegagalan panen
>> Jumlah penduduk indonesia mengalami penurunan
(+) Dampak positif
>> Rakyat Indonesia mulai mengenal tanaman dagang yang berorientasi ekspor
>> Rakyat Indonesia mengenal teknik menanam jenis-jenis tanaman baru.
Tokoh-tokoh yang menentang pelaksanaan tanam paksa :
(a) Baron van Hoevel (1812-1879) bersama Fransen van de Putte.
dengan menulis buku yang berjudul "suiker contracten" (kontrak-kontrak gula)
(b) Edward Douwes Dekker (1820-1887)
dengan menulis buku yang berjudul "Max Havelaar" yang berisi tentang penderitaan rakyat Indonesia akibat pelaksanaan tanam paksa.


2. Sistem Politik Liberal (1870-1900)



3. Politik Etis ( politik Balas budi)

Latar belakang munculnya politik etis :
(a) Pelaksanaan sistem tanam paksa memberikan keuntungan bagi belanda, sedangkan rakyat Indonesia menderita. Hal tersebut menggugah hati nurani sebagian orang Belanda.
(b) Eksploitasi tanah dan penduduk indonesia dengan sistem ekonomi liberal tidak mengubah nasib rakyat indonesia tetapi justru memberikan keuntungan yang besar bagi kaum kapitalis dari Belanda, Inggris, Amerika, Belgia, Cina, dan Jepang.
(c) Belanda dalam mempertahankan negeri jajahan dilakukan dengan cara penekanan dan penindasan terhadap rakyat
(d) Rakyat kehilangan hak miliknya yaitu tanah.
(e) Adanya kritik dari kaum intelektual belanda terhadap kritik liberal kolonial seperti yang dilakukan Van Deventer tahun 1899 yang menulis artikel pada majalah De Gids berjudul Een Eereschuld (utang kehormatan) yang berisi jutaan golden yang diperoleh dari indonesia dianggap sebagai hutang kehormatan. pembayaran hutang tersebut dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu :
>> Irigasi (pengairan)
>> Transmigrasi (Perpindahan penduduk)
>> Edukasi (Pendidikan)
tahun 1914 masyarakat mulai mengadakan kritikan terhadap pelaksanaan politik etis yang di anggap gagal :
(a) Sejak pelaksanaan sistem politik ekonomi liberal, Belanda mendapatkan utang besar sedangkan tingkat kesejahteraan rakyat pribumi tetap rendah
(b) Hanya sebagian kecil kaum pribumi yang mendapat kedudukan baik dalam masyarakat kolonial, yaitu golongan pegawai negeri
(c) Rakyat pribumi yang menjadi pegawai negeri hanya digunakan sebagai alat saja sehingga dominasi bangsa belanda tetap besar.


================================================================================================
BAB 4

Budi Utomo
Tokoh utama dari organisasi ini adalah Dr. Wahidin
Sudirohusodo dan beberapa pelajar School tot Opleiding
van Indische Artsen (STOVIA) Jakarta di bawah
pimpinan Sutomo. Tujuan pendiriannya adalah untuk
de harmonische ontwikkeling van land en volk van Java
en Madura atau kemajuan yang harmonis untuk nusa
dan bangsa Jawa dan Madura. Terlihat bahwa ”bangsa”
yang dimaksud masih dalam lingkup Jawa dan Madura
belum meliputi seluruh Indonesia. Ini memang bisa
dimengerti karena setiap bentuk gerakan selalu
tergantung dari cakrawala berpikir dari para tokoh
penggeraknya. Oleh karena itu, ada yang mengatakan
bahwa Budi Utomo adalah renaisans atau kebangkitan
kembali kebudayaan Jawa.
Ada beberapa reaksi yang muncul setelah organisasi ini berdiri,
antara lain sebagai berikut.
1) Golongan priayi aristokrat Jawa merasa khawatir akan
terganggu eksistensinya karena daya dobrak para priayi terpelajar
melebihi etnis Jawa.
2) Pemerintah kolonial Belanda mulai merasa terganggu karena
para pemimpin pergerakan itu tidak bisa lagi dibohongi atau
diadu domba seperti waktu perlawanan bersenjata dahulu.
3) Para pelajar dan mahasiswa dari berbagai daerah dan
perguruan mulai mengikuti jejak dengan membentuk
organisasi pergerakan.
Meskipun mendapat beragam reaksi, Budi Utomo mampu
berkembang ke berbagai daerah dan membuka cabang di kota-kota
besar di Jawa seperti Yogyakarta, Surabaya, dan Bandung. Bahkan
anggotanya bisa mencapai 10.000 orang dari berbagai daerah.
Dalam perkembangannya, organisasi ini tidak bisa menghadapi
kuatnya dominasi priayi tua yang cenderung takut dengan
perubahan. Dalam kongres pertama tanggal 3–5 Oktober 1908 di
Yogyakarta, kelompok muda yang revolusioner tersingkir dan Budi
Utomo hanya terfokus pada budaya Jawa saja. Kelompok muda
akhirnya membentuk organisasi baru seperti Jong Ambon, Jong
Celebes, Jong Minahasa, sementara Budi Utomo menjadi badan
berkekuatan hukum setelah mendapat pengakuan dari pemerintah
kolonial karena dianggap tidak berbahaya.
Sarekat Islam
Organisasi ini mulanya merupakan perkumpulan para
pedagang muslim yang dirintis oleh H. Samanhudi dan
R.M. Tirtoadisuryo tahun 1909. Tujuannya untuk melindungi hakhak
para pedagang muslim dari monopoli pedagang-pedagang
besar Cina. Pada tahun 1911, Haji Samanhudi mendirikan Sarekat
Dagang Islam untuk menghimpun pedagang muslim agar mampu
bersaing dengan pedagang dari Arab, India, dan Cina. Tujuan
gerakannya adalah meningkatkan perekonomian anggotanya.
Organisasi ini kemudian berkembang ke arah politik setelah
dipegang oleh Haji Oemar Said Tjokroaminoto dan berganti nama
menjadi Sarekat Islam. Penindasan-penindasan yang dilakukan
oleh pemerintah kolonial tidak luput dari perjuangan organisasi
ini, apalagi jumlah anggotanya sangat besar. Tujuan gerakan ini
antara lain memajukan rakyat dengan cara persaudaraan dan
tolong-menolong sesama muslim. Pemerintah akhirnya memberikan
kekuatan hukum tahun 1916, sehingga SI bisa mengirimkan
anggotanya ke Volksraad.
Sarekat Islam berubah lebih radikal setelah disusupi paham
sosialis yang dibawa oleh Sneevliet (pendiri Indische Sosialistische
Demokratische Vereeniging atau ISDV). Selain menyebarkan paham
sosialis juga terang-terangan menentang kebijakan Tjokroaminoto.
Akhirnya, organisasi ini pecah menjadi dua, yaitu SI Putih di
bawah pimpinan H.O.S. Tjokroaminoto (Islam) dan SI Merah di
bawah Semaun (Sosialis Komunis).
Indische Partij
Inilah organisasi kaum Indo pertama yang menanamkan
kesadaran kebangsaan Indonesia. Organisasi
yang dirintis oleh Douwes Dekker, bertujuan menghapuskan
kolonialisme dan eksploitasi Belanda atas
rakyat Hindia Belanda. Pada tahun 1912, ia mengajak
Suwardi Suryaningrat dan Cipto Mangunkusumo untuk
mengembangkan organisasi. Sebagai organisasi yang
berhaluan nasionalis, anggotanya berlatar belakang
lintas etnis dan budaya. Oleh karena itu, semboyan
organisasi ini adalah Hindia untuk bangsa Hindia.
Indische Partij adalah partai politik pertama yang
terang-terangan menuntut kemerdekaan Indonesia.
Pada saat Belanda memperingati 100 tahun
kemerdekaannya dari Prancis, Suwardi Suryaningrat menulis
artikel yang berjudul Als Ik een Nederlander was atau Seandainya
Saya Seorang Belanda. Tulisan ini berisi kritikan terhadap
pemerintah Belanda atas rencana pengumpulan dana bagi
peringatan tersebut. Akhirnya, pada tahun 1913 Indische Partij
dinyatakan sebagai organisasi terlarang dan para tokohnya
menyebar ke berbagai organisasi.
Muhammadiyah
Muhammadiyah adalah organisasi Islam yang bertujuan
memurnikan pelaksanaan ajaran agama Islam. Didirikan oleh
K.H. Ahmad Dahlan tanggal 18 November 1912 di Yogyakarta.
Gerak dakwah organisasi ini adalah memajukan pengajaran dan
kesejahteraan para anggotanya dengan cara mendirikan sekolah,
rumah sakit, dan panti asuhan. Pada tahun 1914, organisasi ini
mendapat pengakuan dari pemerintah dan mendapat sambutan
dari rakyat.
Dalam waktu yang singkat, Muhammadiyah mampu mendirikan
cabangnya di Padang, Makassar, Bandung, Jakarta, dan kotakota
besar di Indonesia. Jumlah anggotanya pun juga dengan cepat
bertambah. Bahkan, organisasi ini juga ikut terlibat dalam
perjuangan meraih kemerdekaan Indonesia.

MASA RADIKAL
Perhimpunan Indonesia
Organisasi inilah sesungguhnya yang meletakkan dasar-dasar
nasionalisme Indonesia. Semula, organisasi yang berdiri tahun
1908 ini bernama Indische Vereeniging, bersifat moderat.
Kedatangan para tokoh eks Indische Partij ke Belanda tahun 1913
mampu memompa semangat para mahasiswa Indonesia di
Belanda. Iwa Kusumasumantri menjadi ketua dan menyatakan tiga
prinsip organisasi. Pertama, Indonesia menentukan nasibnya
sendiri. Kedua, kemampuan dan kekuatan sendiri. Ketiga,
persatuan dalam menghadapi Belanda. Pada tahun 1925, berubah
menjadi Perhimpunan Indonesia dan semakin aktif di dalam
menghadapi kolonialisme, antara lain dengan mengikuti Kongres
Liga Demokrasi Perdamaian Internasional di Paris tahun 1926. Pada
tahun 1927, PI menghadiri Liga Antikolonial di Brussels. Nazir
Datuk Pamuntjak menyampaikan pidato berjudul Indonesia en der
Vrijheidstrijd.
Pada tahun 1925, PI mengeluarkan manifesto politik yang
isinya sebagai berikut. Pertama, kesatuan nasional yaitu untuk
mendirikan negara kebangsaan Indonesia yang merdeka dan
bersatu maka segala perbedaan etnis primordial harus ditiadakan.
Kedua, solidaritas yaitu menyamakan persepsi dan menghilangkan
perbedaan untuk menghadapi kolonialisme. Ketiga, nonkooperasi
yaitu kesadaran bahwa kemerdekaan bukanlah hadiah sukarela
tetapi harus dicapai dengan perjuangan. Keempat, swasembada
yaitu mengandalkan kekuatan sendiri untuk membangun
kehidupan bangsa agar sejajar dengan bangsa kolonial. Keempat
ideologi tersebut mampu membuka jalan bagi lahir dan
berkembangnya nasionalisme Indonesia. Apalagi para mahasiswa
kita di negeri Belanda juga mengetahui adanya Wilson 14 point
yang antara lain berisi kemerdekaan untuk menentukan nasib
bangsa sendiri.
Partai Nasional Indonesia
Tokoh utama partai ini adalah Ir. Soekarno. Organisasi ini
didirikan tanggal 4 Juli 1927 oleh para mahasiswa yang sedang
melaksanakan studi di Bandung dan semakin populer setelah PKI
dilarang oleh pemerintah. Tujuan gerakannya adalah kemerdekaan
Indonesia, oleh karena itu sifatnya radikal. Salah satu metode yang
diterapkan oleh partai ini adalah rapat-rapat akbar. Dengan cara
ini maka rakyat bisa mengikuti pendidikan politik secara langsung
dari para pemimpinnya.
Akibat perlawanannya dengan pemerintah, banyak para
tokohnya yang ditangkap oleh pemerintah dan dipenjara atau
dibuang ke berbagai daerah. Dalam pidato pembelaannya di
Landraad atau pengadilan negeri Bandung, Ir. Soekarno
menyampaikan pidato yang berjudul Indonesia Klaagt Aan atau
yang dikenal dengan Indonesia Menggugat. Pidato ini oleh banyak
pengamat disebut sebagai tesis Bung Karno tentang kolonialisme.
Namun, pembelaan itu tidak bisa menghindarkannya dari penjara
selama 4 tahun.

No comments:

Post a Comment