Saturday 15 November 2014

STANDAR PRAKTEK KEPERAWATAN



STANDAR PRAKTEK KEPERAWATAN

PENGERTIAN
-          Pernyataan yang abash dan nyata mengenai mutu beberapa aspek dari pelayanan keperawatan, pernyataan ini berisi kriteria keberhasilan yang dapat di evaluasi.
-          Standar merupakan suatu model yang disusun berdasarkan wewenang, kebiasaan atau kesepakatan mengenai apa yang memadai dan sesuai,dapat diterima dan layak di dalam praktek keperawatan serta derajat mutunya merupakan tolak ukur bagi mutu pelayanan kesehatan
-          Standar praktek keperawatan menurai apa yang harus dilakukan, mengidentifikasi tanggung jawab utama perawat dan mutu pengelolaan dan pelaksanaan tanggung jawab
-          Standar praktek keperawatan tergantung pada tempat dan waktu : oleh karena itu standar bervariasi dari negara ke negara, lembaga ke lembaga dalam suatu negara tertentu, dan pada waktu yang berlainan.

JENIS STANDAR PRAKTEK KEPERAWATAN
1.      Standar struktur adalah tentang fasilitas fisik, peralatan dan kondisi dimana pelayanan keperawatan diberikan serta unsur penunjang pelaksanaan pelayanan keperawatan tersebut.
2.      Standar proses adalah standar tentang proses pemberian pelayanan keperawatan yang mencakup sifat pelayanan keperawatan, urutan kegiatan dan metode dalam pemberian dalam pelayanan keperawatan.
3.      Standar hasil adalah standar tentang hasil yang diharapkan dari pemberian pelayanan keperawatan berdasarkan penerapan standar struktur dan proses pemberian pelayanan keperawatan.

FAKTOR – FAKTOR YANG HARUS DIPERTIMBANGKAN DALAM MERUMUSKAN STANDAR PRAKTEK KEPERAWATAN
Agar standar abash, bermakna dan realistis, dalam merumuskan harus dipertimbangkan faktor-faktor sebagai berikut :
1.    Jumlah, mutu dan persiapan pendidikan tenaga keperawatan
2.    Harapan masyarakat
3.    Harapan profesi
Standar praktek keperawatan biasanya mengikuti falsafah, konsep dan etika profesi keperawatan, antara lain :
a.       Keyakinan terhadap hak pasien untuk menerima pelayanan keperawatan yang baik dan terandal, tanpa memandang SARA dan status sosial ekonomi
b.      Tanggung jawab utama perawat adalah berfokus terhadap kesejahteraan pasien/klien
c.       Perawat bekerja secara tim dalam memberikan pelayanan keperawatan guna memenuhi kebutuhan pasien/klien.
4.    Sumber yang tersedia

CIRI – CIRI STANDAR PRAKTEK KEPERAWATAN YANG BAIK
a.       Jelas dan mudah di mengerti
b.      Abash
c.       Memenuhi harapan masyarakat
d.      Memenuhi harapan profesi keperawatan
e.       Realistis
f.       Dapat diukur dan digunakan sebagai alat evaluasi kuantitatif

KEGUNAAN STANDAR DI SEKTOR PELAYANAN KEPERAWATAN DAN SEKTOR PENDIDIKAN KEPERAWATAN
Standar praktek keperawatan mempunyai berbagai kegunaan baik di sektor pendidikan keperawatan maupun di sektor pelayanan keperawatan di RS dan puskesmas. Secara khusus kegunaan standar dalam kedua sektor tersebut adalah :
a.         Di sektor pelayanan keperawatan
1.      Alat pengontrol atau pengendali mutu pelayanan keperawatan
2.      Pedoman/petunjuk bagi perawat kesehatan dan pengawasannya
3.      Alat peningkatan pelayanan keperawatan
4.      Dasar dalam pelaksanaan supervisi dan pendidikan/latihan bagi perawat
5.      Alat untuk mengevaluasi asuhan keperawatan
6.      Informasi yang sangat penting dalam bidang administrasi pelayanan keperawatan
7.      Alat komunikasi bagi konsumen dan anggota tim lainnya
8.      Upaya untuk meningkatkan citra keperawatan dan keyakinan masyarakat terhadap profesi keperawatan
9.      Dasar untuk mengidentifikasi kelemahan dalam pelayanan keperawatan
b.        Di sektor pendidikan keperawatan
1.      Sebagai bahan masukan dalam penyempurnaan kurikulum
2.      Sebagai pedoman penting dalam mengkaji dan menilai pelayanan yang diberikan oleh perawat kesehatan
3.      Dasar dan pedoman dalam merumuskan tujuan, materi, pengalaman belajar dan metode pengajar.
4.      Alat untuk memotivasi staf keperawatan agar mendemonstrasikan model peran perawat panutan
5.      Pedoman untuk mengarahkan diri secara efektif dalam belajar
6.      Alat untuk mencapai keseragaman pelayanan keperawatan yang diberikan oleh perawat kesehatan antara sektor pendidikan dan sektor pelayanan.
7.      Pedoman untuk mengarahkan diri secara efektif dalam belajar
8.      Alat untuk mencapai keseragaman pelayanan keperawatan yang diberikan oleh perawat kesehatan antara sektor pendidikan dan sektor pelayanan.

No comments:

Post a Comment