Saturday 15 November 2014

TANTANGAN KEPERAWATAN



TANTANGAN KEPERAWATAN

Tantangan pendidikan keperawatan :
Ø  Dimasa depan pendidikan keperawatan dihadapkan pada suatu tantangan dalam meningkatkan kwalitas kelulusannya dituntut menguasai kompetensi profesional.
Missal : bertambahnya umur harapan hidup sebagai isu sentral dalam kurikulum harus menyentuh aspek askep georontik, home care, penyakit kronis dan aids dan tidak kalah pentingnya bahasa inggris menjadi kompetensi wajib.

Tantangan perubahan IPTEK
Ø  Riset keperawatan akan menjadi suatau kebutuhan dasar yang harus dilaksanakan oleh perawat di era global
Ø  Untuk mengantisipasi perubahan di atas maka perlu adanya:
1.      Penataan pendidikan tinggi keperawatan
2.      Penataan pelayanan kesehatan / asuhan keperawatan
3.      Penataan lingkungan yang kondusif untuk perkembangan keperawatan dalam antisipasi perkembangan iptek
4.      Pembinaan kehidupan keprofesian

MENURUT AZRUL AZWAR 1999 MASALAH PERAWAT DI INDONESIA DALAM SISTEM PELAYANAN KESEHATAN
1.        Peran perawat profesional yang tidak optimal
2.        Terlambatnya pengakuan body of knowledge profesi keperawatan
3.        Terlambatnya perkembangan pendidikan keperawatan profesional
4.        Terlambatnya perkembangan sistem pelayanan/askep profesional

FAKTOR LAIN YANG MENGHAMBAT MENURUT (NUR SALAM, 1998)
1.      Antithetical terhadap perkembangan ilmu keperawatan
2.      Rendahnya rasa percaya diri/harga diri seorang perawat
3.      Kurang pemahaman dan sikap untuk melaksanakan riset keperawatan
4.      Pendidikan keperawatan hanya difokuskan pada pelayanan kesehatan yang sempit
5.      Rendahnya standar gaji bagi perawat
6.      Sangat minimnya perawat yang menduduki pimpinan di institusi kesehatan

LANGKAH STRATEGI DALAM MENGHADAPI TREND ISUE PERUBAHAN KEPERAWATAN DI MASA DEPAN
Ø  Alternatif strategi perawat Indonesia dalam menghadapi askep di masa mendatang adalah the nurse should do no harm to your self’ (nightingale). Artinya semua tindakan keperawatan harus harus dapat memenuhi kebutuhan pasien tanpa adanya resiko yang ditimbulkan.
Ø  Oleh karena itu strategi yang harus ditempuh meliputi :
1.      Peningkatan pendidikan bagi perawat
2.      Pengembangan ilmu keperawatan
3.      Pelaksanaan riset yang berorientasi pada masalah di klinik/komunitas
4.      Identifikasi peran manager perawat professional di masa depan
5.      Menerapkan model dan metode praktik keperawatan professional terbaru (MPKP)

PENINGKATAN PENDIDIKAN BAGI PERAWAT “PRACTISIONER”
-          Langkah awal yang perlu ditempuh oleh perawat professional adalah pengembangan pendidikan tinggi keperawatan dan memberikan kesempatan bagi perawat
-          Sehingga diharapkan akhir tahun 2002 perawat yang ada di rumah sakit minimal lulusan D3 Keperawatan

PENDIDIKAN TINGGI KEPERAWATAN DI INDONESIA
-          Jalur dari lulusan sekolah perawat kesehatan
-          DIPLOMA III Keperawatan
-          DIPLOMA IV
-          S1 Keperawatan
-          Specialist
-          S2 megister
-          Dokter kepala

No comments:

Post a Comment